Sunday, September 15, 2024

Minecraft itu apa ?


Minecraft adalah sebuah permainan bak pasir yang dikembangkan oleh pengembang permainan Swedia Mojang Studios. Hampir mirip dengan Roblox namun berbeda. Di Minecraft, pemain menjelajahi dunia 3D kotak-kotak dengan bioma Minecraft beragam yang dihasilkan secara prosedural, dan dapat

menemukan dan membuat dari bahan baku, alat kerajinan, membangun struktur atau pekerjaan tanah, tergantung pada mode permainan, dapat melawan musuh yang dikendalikan oleh komputer, dan juga bekerja sama atau bersaing dengan pemain lain di dunia yang sama. Mode permainan dalam Minecraft termasuk mode bertahan hidup, di mana pemain harus mendapatkan sumber daya untuk membangun dunia dan menjaga kesehatan, dan mode kreatif, di mana pemain memiliki sumber daya tanpa batas. Pemain dapat memodifikasi game dengan mod untuk membuat mekanisme, item, tekstur, add-ons, dan aset alur permainan baru.

Permainan ini dibuat oleh Markus "Notch" Persson dalam bahasa pemrograman Java. Setelah beberapa versi pengujian pribadi awal, permainan ini pertama kali diterbitkan pada Mei 2009 sebelum sepenuhnya dirilis pada November 2011, kemudian Jens "Jeb" Bergensten mengambil alih pengembangan. Permainan ini adalah salah satu yang terlaris sepanjang masa, terjual lebih dari 238 juta kali dan dengan lebih dari 140 juta pemain aktif bulanan.

Mode Permainan Minecraft

1. Mode bertahan hidup

Pemain diharuskan untuk mendapatkan sumber daya alam seperti kayu dan batu untuk membuat blok atau barang tertentu untuk bertahan hidup. Berdasarkan dari tingkat kesulitan yang dipilih, monster (makhluk tak ramah) akan muncul di tempat tempat gelap pada jarak tertentu dari pemain, mengharuskan pemain untuk membuat tempat perlindungan demi dapat bertahan hidup pada malam hari. Pemain dapat membuat berbagai barang di Minecraft. Pemain dapat membuat baju pelindung yang dapat mengurangi efek dari serangan, lalu senjata juga dapat dibuat untuk membunuh musuh dan hewan lebih mudah. Pemain juga dapat membuat peralatan seperti kapak, beliung, cangkul, dan sekop yang digunakan untuk menebang pohon, menambang, menggali tanah dan lain lain. Mode bertahan hidup adalah mode di mana pemain diharuskan untuk bertahan hidup dari kelaparan dan monster yang akan muncul pada malam hari.

2. Mode Petualang

Pada mode petualangan, pemain hanya dapat menghancurkan block dengan peralatan yang benar, misalnya beliung tidak dapat menghancurkan kayu, kapak tidak dapat menghancurkan tanah, dan sekop tidak menghancurkan batu. Hal ini membuat custom map lebih menantang karena pemain tidak dapat bermain curang. Walaupun begitu pemain masih dapat membunuh mobs dengan peralatan/barang apapun. Mode ini biasa digunakan untuk map custom (yaitu map yang diciptakan untuk kegunaan tertentu seperti minigame, story-telling, atau lobi peladen), dengan tujuan agar pemain tidak menghancurkan block sembarangan.

3. Mode Spectator

Memungkinkan pemain untuk terbang melalui blok dan menonton permainan tanpa berinteraksi langsung. Pemain tidak memiliki inventaris, tetapi dapat berteleportasi ke pemain lain dan melihat dari perspektif pemain atau makhluk lain. Dalam Minecraft edisi Java, terdapat beberapa mob yang memiliki penglihatan khusus, yaitu Enderman, Creeper dan Laba-laba. Mode permainan ini hanya dapat diakses dalam edisi Java maupun Bedrock.

4. Mode Hardcore

Mode survival dengan tingkat kesulitan tertinggi, dan pemain hanya memiliki satu nyawa. Ketika pemain mati akan muncul tombol "Delete World" daripada tombol "Respawn" dan "Main Menu" yang muncul. Namun, pada pembaruan 1.9 selain tombol "Delete World" ada juga tombol yang memungkinkan pemain untuk masuk ke mode Penonton untuk melihat lihat dunianya sekali lagi. Dunianya tidak akan otomatis dihapus, secara teknis file dunia tersebut masih tersimpan hingga pemain menekan tombol "Delete World". Pemain juga dapat membuat mode ini lebih menantang dengan membuatnya menjadi "Ultra-Hardcore Survival" yaitu minigame di mana health bar pemain tidak akan pulih secara alami.

Minecraft sebagai Edukasi

Minecraft diakui secara terkenal, memenangkan banyak penghargaan, dan telah digambarkan sebagai salah satu permainan video paling berpengaruh dan terhebat sepanjang masa. Media sosial, parodi, adaptasi, merchandise, dan konvensi MineCon tahunan memainkan peran besar dalam mempopulerkan permainan. pendidikan, terutama di bidang sistem komputasi, karena komputer virtual dan perangkat keras telah dibangun di dalamnya.

Minecraft telah digunakan dalam lingkungan edukasi. Pada 2011, sebuah organisasi pendidikan bernama MinecraftEdu dibentuk dengan tujuan memperkenalkan Minecraft ke sekolah-sekolah. Organisasi tersebut bekerja dengan Mojang untuk membuat Minecraft terjangkau dan dapat diakses berbagai sekolah. Pada September 2012, MinecraftEdu mengatakan sudah ada 250,000 murid yang memiliki akses ke Minecraft lewat perusahaan itu. Banyak sekali variasi aktivitas pendidikan yang sudah dikembangkan lewat permainan ini untuk mengajari berbagai mata pelajaran pada murid, termasuk sejarah, sastra bahasa dan sains. Great Ormond Street Hospital telah dibuat di Minecraft, dan telah diusulkan bahwa para pasien dapat menggunakannya untuk mengeksplorasi rumah sakit tersebut sebelum berkunjung. Minecraft juga dapat menjadi alat CAD. Minecraft menawarkan sebuah tempat berkolaborasi untuk merancang dan dapat memiliki dampak dalam industri CAD.

No comments:

Post a Comment